Kamis, 09 Maret 2017

PAMERAN BUKU DEMAK 2017



 Bupati Berbagi Inspirasi


DEMAK - Tidak kurang dari satu juta judul buku menyemarakkan gelar pameran buku yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Pemkab Demak di depan Masjid Agung Demak.
Acara yang dibuka Bupati Muhammad Natsir tersebut akan berlangsung selama tujuh hari, sejak Rabu (8/3) hingga Selasa (14/3). Hadir pada acara pembukaan, kemarin, Sekda Singgih Setyono, jajaran Forkompimda, serta sejumlah pejabat lainnya.
Pada kesempatan itu bupati meluncurkan tambahan satu mobil perpustakaan keliling. Sehingga, kini terdapat dua mobil perpusatakaan keliling.
Usai peluncuran, bupati dan Sekda didaulat panitia kegiatan tersebut untuk berbagai inspirasi terkait kegemarannya membaca buku. Bupati mengakui banyak mendapat ilmu pengetahuan dari kebiasaannya membaca buku. Termasuk keberhasilannya membuat racikan bumbu untuk masakan ayam goreng dan ayam bakar yang mengantarkannya menjadi pengusaha warung makan "Mbak Tari" sukses.
"Membaca buku bukan hanya membuka cakrawala, tetapi juga akan menemukan berjuta jawaban atas persoalan yang kita hadapi," katanya.
Bupati menambahkan, ilmu adalah kunci terhadap segala sesuatu, dan untuk mendapatkan kunci tersebut harus dengan belajar dan membaca buku.
Usai membuka acara, bupati bersama sekda dan sejumlah pejabat meninjau stan pameran. Ratusan pelajar pun merangsek masuk, melihat dan membeli sejumlah buku. Terdapat 40 stan dari 100 lebih penerbit buku yang memamerkan karya berbagai disiplin ilmu. Mereka menjual buku-buku tersebut dengan memberikan diskon khusus.
Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Tatik Rumiyati mengatakan, pameran yang digelar sebagai rangkaian Haul Ke-514 Sultan Fatah dan Hari Jadi Kabupaten Demak tersebut untuk mendorong peningkatan minat baca masyarakat.
Diakuinya, tren minat baca masyarakat Demak dari tahun ke tahun meningkat. Hal itu bisa dilihat dari jumlah kunjungan warga di perpustakaan Demak selalu menunjukan kenaikkan.
"Kunjungan ke perpustakaan memang masih didominasi pelajar putri, tetapi belakangan ini warga umum seperti pegawai dan masyarakat biasa juga ada peningkatan."
Pada acara pembukaan, lanjut dia, pihaknya memberikan penghargaan kepada warga masyarakat yang giat berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan juga dimeriahkan sejumlah pertlombaan dan jambore perpustakaan. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar