Minggu, 27 Januari 2013

Syekh Jagur atau Syekh Hasan Basori



Salah satu ulama yang memiliki peran penting bagi penyebaran Islam di Tanah Jawa dan ikut tampil pada masa keemasan kerajaan Demak Bintoro adalah Syekh Hasan Basori atau yang lebih dikenal dengan sebutan ke-wali-an Syekh Jagur. Pria berkumis tipis dan wajah putih tersebut merupakan juru tulis atau sekretaris kerajaan.
Perannya dalam kegiatan keagamaan yang dipusatkan di Masjid Agung Demak juga sebagai sekretaris. Berbagai kegiatan keagamaan, baik acara tahunan maupun rapat-rapat disimpannya. Sayang data-data atau dokumen protokoler tersebut ikut hilang bersamaan dengan perpindahan kerajaan Demak ke Pajang.
Data memang hilang bersama hilangnya kerajaan Demak, namun Makam Syekh Jagur sampai saat ini masih ada dan berada di belakang Masjid Agung Demak. Tidak banyak orang yang tahu sejarah hidup sang juru tulis tersebut.
Akan tetapi yang paling menonjol, selama mengabdi untuk perjuangan Islam di Demak, Syekh Jagur adalah pribadi yang menyukai pakaian batik. Bahkan, beberapa pakaian jubah yang ia pakai pun berupa jubah batik dengan motif daun dan ukiran.warna hijau, biru dan emas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar